Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KAMPUNG GARAM KEBUMEN



Bicara masalah kampung , kebumen mempunyai beberapa kampung , di antaranya adalah kampung arab , kampung jawa , kampung ingris , dan kali ini ada kampung terbaru yang tak kalah hebat , yaitu kampung garam . 


Menikmati liburan bersama teman lama , meluncur ke kampung garam mirit kebumen . lama  gak ketemu teman sekolah , sekali ketemu kami bersua berjalan - jalan ke pantai laguna lembu purwo mirit dan tak lupa meluncur mampir ke kampung garam . pantai laguna dan kampung garam letaknya tidak begitu jauh . yah , kira - kira 2 km dari pantai laguna menuju kampung garam . dengan arah ke barat dari jalan raya deandeles dan belok ke kiri lurus sampai akhirnya sampai di lokasi produksi garam , yang di namakan kampung garam . dan pasti kalian kalau mau ke kampung garam tidak akan binggung untuk mencari lokasinya , karena sanggat mudah di cari , dan di pintu masuk kampung garam sudah tertulis papan besar KAMPUNG GARAM MIRIT KEBUMEN . tempatnya sanggat mengasikan . selain sebagai produksi garam , di lokasi itu juga ada kolam - kolam ikan kecil yang di gunakan untuk terapi  . kami berdua ikutan mencoba terapi dengan ikan . wah .. asyik sekali pokoknya . pertama terasa geli karena ikan - ikan kecil kerkerumun mengigit kaki kami . tapi setelah itu rasanya segar dan terasa enak ini kaki . karena ikan - ikan tersebut telah menerapi kami dengan gigitan - gigitanya dengan mengeluarkan toksin dalam tubuh kami . 


selain itu , di sekitar kampung garam tersebut sebelah kanan  dan kiri ada beberapa kebun yg di tanami sayuran dan buah , seperti kebun pepaya , timun , terong , tomat , cabe dll . pokoknya keren abis deh . kami sangat kagum melihat kebun pepaya yang begitu lebat buahnya , masyaallah . lanjut lagi ke kampung garam .


Kampung garam yang terletak di mirit petikusan , kecamatan mirit , kabupaten kebumen ,  mempunyai potensi baik untuk memproduksi garam . produksi garam konon bisa mencapai 7 - 8 ton per bulan . dengan kadar NaCI 95,75 % . Kampung garam terbagi 12 kelompok petambak garam dan mendapat binaan dari tiga kementerian, yaitu Menko Kemaritiman, Menko Perekonomian serta Menteri Kelautan dan Perikanan


Masyaallah , ternyata kota kebumen kaya akan kekayaan alam dan keindahan tempat wisata . bangganya aku menjadi orang kebumen . subur tanahku , makmur kotaku . 


Ayo teman - teman , luangkan waktu kalian untuk berwisata ke kota kebumen . dan jangan lupa kunjungi kampung garam di desa mirit petikusan , kabupaten kebumen . kiranya kalian akan tau bagaimana proses pembuatan garam secara manual dan alami , serta menikmati alam tepi pantai yang indah .